Dreams are renewable. No matter what our age or condition, there are still untapped possibilities within us and new beauty waiting to be born.

-Dale Turner-

Sabtu, 27 Maret 2010

iPad
iPad
adalah komputer tablet yang baru saja dirilis oleh Apple. Pada tanggal 27 Januari 2010 kemarin, di San Fransisco. Seperti kita ketahui bahwa gosip teknologi di tahun 2010 ini adalah jamannya komputer tablet. iPad kini menjadi bahan gosip para pencinta gadget. iPad adalah perangkat komputer jinjing diantara laptop dan smartphone. Disebut juga komputer tablet Modelnya keren banget deh. Agak mirip dengan iPhone Touch namun iPad lebih besar lagi bentuknya dengan layar yang lebar, dan memiliki spesifikasi yang lebih lengkap dibandingkan iPhone Touch. CEO Apple Steve Jobs adalah orang yang memberi nama
iPad.
Berikut spesifikasi Apple iPad :
Ukuran:


- Panjang: 24,8 cm
- Lebar: 18,97 cm
- Tebal: 1,34 cm
- Berat: 0,68 kg (WiFi model) dan 0,73 kg (WiFi + 3G model)

Layar:
- 9,7 inci LED backlit glossy widescreen multitouch dengan teknologi IPS
- Resolusi 1024x768 pixel dengan 132 pixel per inci
- Dilapisi fingerprint resistant oleophobic
- Mendukung penulisan banyak bahasa dan karakter secara bersamaan

Kapasitas memori:
- Flash drive 16 GB, 32 GB, atau 64 GB

Prosesor :
- Apple A4 1 GHZ

Sensor:
- Akselerometer
- Ambient light sensor

Baterai
- Baterai Lithium polymer
- Daya tahan hingga 10 jam waktu aktif dan satu bulan waktu standby

Audio playback:
- Mendukung format AAC (16 hingga 320 Kbps)
- Mendukung format Protected AAC (16 hingga 320 Kbps)
- Mendukung format MP3 (16 hingga 320 Kbps)
- Mendukung MP3 VBR, Audible (format 2,3, dan 4), Apple Losless, AIFF, dan WAV

Koneksi
Untuk WiFi model
- WiFi 802.11 a/b/g/n
- Bluetooth 2.1 + teknologi EDR

Untuk WiFi + 3G model
- UMTS/HSDPA triband (850, 1900, dan 2100 MHz)
- GSM/EDGE quabband850, 900, 1800, dan 1900 MHz)
- WiFi 802.11 a/b/g/n
- Bluetooth 2.1 + teknologi EDR

Input dan output
- Dock connector
- 3,5 mm stereo headphone jack
- Built in speaker
- Microphone
- SIM card tray (untuk model WiFi + 3G)

Layanan berbasis lokasi
- WiFi
- Kompas digital
- Assisted GPS (khusus model WiFi + 3G)
- Seluler (khusus model WiFi + 3G)

TV dan video
- Mendukung format video H.264 hingga 720p, .m4v, .mp4, .mov, MPEG-4.

Tombol eksternal
- On/off/sleep/wake
- Mute
- Volume naik atau turun

Fitur dan Aplikasi utama:
- Browser Safari untuk akses web.
- Mail untuk membaca e-mail.
- Photos untuk mengelola arsip foto.
- Video untuk memutar file video.
- YouTube untuk melihat video langsung ke YouTube tanpa melalui webnya.
- iPod untuk memainkan musik
- iTunes untuk mengunduh musik dan video
- App Store untuk mengunduk aplikasi
- iBooks untuk membaca dan mengunduh e-book dari iBooks Store
- Maps untuk melihat peta resolusi tinggi dari satelit dan Street View Images.
- Notes untuk membuat catatan bebas.
- Calendar untuk membuat agenda.
- Contacts untuk mencatat data telepon, email, dan web teman.
- Home screen untuk mengatur tampilan layar
- Spotlight search untuk melakukan pencarian cepat di semua bagian hanya dengan mengetikkan keyword.

Apple menyediakan dua varian iPad, masing-masing yang hanya dilengkapi WiFi dan yang dilengkapi WiFi sekaligus koneksi 3G GSM. Harganya mulai 499 dollar AS untuk memori 16 GB dan WiFi hingga 829 dollar AS untuk 64 GB serta WiFi dan 3G.

Safari

Dengan multi-touch layar iPad memungkinkan Anda melihat halaman web seperti seakan memunculkan satu halaman pada saat bersamaan. Teks tampil dengan warna cerah dan tajam. Jadi Anda akan dapat melihat halaman dalam bentuk potret atau lanskap, Anda dapat melihat semuanya dengan ukuran 100 persen terbaca. Dan dengan iPad, menavigasi web lebih mudah, karena Anda menggunakan perangkat penunjuk paling alami yang pernah ada: jari Anda sendiri.

Untuk memindahkan halaman, Anda tinggal menjentikkan jari Anda ke atas atau bawah pada layar. Atau mencubit untuk memperbesar atau memperkecil pada foto. Ada juga dapat membuat tampilan thumbnail yang menampilkan semua halaman yang terbuka Anda dalam kotak, untuk membantu anda bergerak cepat dari satu halaman ke halaman berikutnya.

Mail

Melihat dan menyentuh email Anda mungkin ini merupakan cara yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya. Dalam posisi lanskap, Anda akan mendapat tampilan layar yang terpisah, antara membuka email dan melihat pesan dalam kotak masuk Anda. Untuk melihat email yang terbuka Anda tinggal memutar iPad dan melihatnya dalam posisi potret, emailpun secara otomatis berputar dan memenuhi layar.

Tidak peduli dengan orientasi yang Anda gunakan, Anda dapat bergulir ke email Anda, menulis email baru dengan menggunakan keyboard di layar, atau menghapus pesan. Jika seseorang mengirim foto ke email Anda, Anda dapat melihatnya bersamaan dengan pesan teksnya. Anda juga dapat menyimpan foto dari email langsung ke aplikasi photo yang telah tersedia di tablet itu. Istimewanya lagi iPad dapat memfungsikan semua email dari penyedia layanan email gratis yang paling populer, termasuk MobileMe, Yahoo! Mail, Gmail, Hotmail, dan AOL.

Foto

Foto tampil dengan jernih dan anggun dengan fitur-fitur software yang unik, iPad adalah cara yang luar biasa untuk menikmati dan berbagi foto Anda. Sebagai contoh, Foto app menampilkan foto-foto dalam album seolah-olah mereka dalam tumpukan. Hanya dengan menekan tumpukan, seluruh album yang anda punya akan terbuka.

Dari sana, Anda dapat membolak-balik gambar, memperbesar atau memperkecil, atau menonton tayangan slide. Anda bahkan dapat menggunakan iPad sebagai bingkai foto digital yang indah saat iPad anda sedang standby atau lagi pengisian daya. Dan ada banyak cara untuk mengimpor foto: Anda bisa mengsinkronkan dengan komputer Anda, atau mendownload dari sebuah email, atau mengimpor secara langsung dari kamera anda menggunakan Apple Camera Opsional Connection Kit.

Video

Tampilan video juga lebar, layar iPad yang memiliki resolusi tinggi membuat iPad menjadi perangkat yang sempurna untuk menonton video apapun. Dengan mudah beralih di antara layar lebar dan layar penuh dengan double-tap. Anda benar-banar akan merasa tenggelam dalam apa pun ketika menonton video kesayangan Anda.

YouTube.

Tersedia juga App YouTube, yang mengatur video untuk mudah terlihat dan menavigasi. Dengan menekan satu tombol anda tinggal menyaksikan video baik lanskap maupun potret secara penuh. Dengan dukungan layar resolusi tinggi, iPad mampu menampilkan gambar HD terbaru dari YouTube dan terlihat menakjubkan.

iPod

Dengan iPod app, semua musik secara harfiah sudah berada di ujung jari Anda. Anda tinggal browse by album, judul lagu, artis, atau genre film yang sederhana. Untuk memutar lagu, cukup tekan lagu yang ingin anda dengarkan. iPad bahkan menampilkan seni album ukuran penuh. Mendengarkan musik dengan speaker built-in atau dengan kabel atau nirkabel Bluetooth headphone.

App Store

iPad dapat menjalankan hampir 140.000 aplikasi dari App Store. Segala sesuatu yang anda butuhkan dapat dibeli di sini. Mulai dari game sampai aplikasi bisnis

Catatan

Dengan tampilan layar keyboard yang luas dan besar, iPad mampu membantu Anda untuk membuat catatan dengan mudah. Dalam tampilan lanskaps, Anda dapat melihat halaman catatan, tapi juga seluruh daftar catatan Anda. iPad bahkan memberikan lingkaran catatan yang sedang Anda kerjakan dengan warna merah, sehingga Anda dapat melihat di mana Anda sedang mencatat dalam sekejap.

Kalender

iPad memudahkan aktivitas anda dengan mengingatkan jadwal yang sudah Anda susun dengan menampilkan hari, minggu, bulan, atau tampilan daftar kalender Anda.

Anda dapat melihat tampilan keseluruhan bulan atau rincian per satu hari. iPad bahkan menunjukkan beberapa kalender sekaligus, sehingga Anda dapat mengatur jadwal pekerjaan dan keluarga pada saat yang sama.

Kontak

Kontak app on iPad membuat Anda gampang menemukan nama, angka, dan informasi penting lainnya dengan lebih cepat dan lebih mudah dibandingkan sebelumnya. Sebuah pandangan baru memungkinkan Anda melihat kedua daftar kontak lengkap Anda dan satu kontak secara bersamaan. Perlu petunjuk lokasi di mana teman Anda? Anda tinggal tekan sebuah alamat di dalam kontak dan secara otomatis akan membuka iPad Maps. Nah, akan Anda akan tahu teman Anda sedang di mana?

Home Screen

Dengan satu tekan Home Screen memberikan Anda akses ke semua fitur iPad. Anda dapat menyesuaikan Home Screen dengan menambahkan aplikasi favorit anda dan situs web atau menggunakan foto Anda sendiri sebagai latar belakang. Dan Anda dapat memindahkan aplikasi sekitar untuk mengaturnya dalam urutan apapun yang Anda inginkan.

Spotlight Cari

Fitur ini pencarian ini memungkinkan Anda untuk mencari data yang ada di iPad dan data yang ada di semua aplikasi yang built-in, termasuk Mail, Kontak, Kalender, iPod, dan Catatan. Bahkan pencarian juga terhubung dengan App Store untuk menampilkan aplikasi apa yang Anda butuhkan. Jadi, tidak peduli apa yang Anda cari, semua menampilkan lebih dari yang Anda butuhkan.

Tak ada gading yang tak retak. Pepatah ini sangat pas untuk tablet anyar yang dirilis Apple, Rabu malam. Meskipun pihak Apple mengklaim tablet iPad merupakan perangkat computing generasi ketiga, tentunya ada beberapa kesalahan di perangkat ini.

Secara keseluruhan memang iPad mempunyai sambutan yang bagus dari para jurnalis yang mengikuti acara tersebut. Namun menurut Jason Cross dari PC World, Kamis (28/1/2010), ada beberapa kekurangan dalam gadget ini.

Berikut beberapa kekurangan tersebut:

Tidak multitasking

Tanpa multitasking di iPad tentu saja membuat perangkat yang merupakan perpaduan antara ponsel cerdas dan laptop ini terasa kurang menggit saat jari 'menari' di layar sentuh, terutama saat menjelajah internet menggunakan Safari. Kelincahannya juga kurang maksimal, ketika ada perpindahan dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya.

Tak mendukung Adobe Flash
Melihat video melalui bantuan seperti Hulu tentu tidak terlalu masalah jika menggunakan ponsel dengan ukuran layar yang tidak terlalu besar. Tapi dengan layar 9,7 inchi menonton video tanpa bantuan Adobe Flash, itu merupakan ide yang buruk.

Tanpa kamera & iChat
Seperti sayur garam jika melihat iPad yang besar tanpa tambahan kamera di dalamnya. Dengan fitur multimedia yang sebetulnya sudah termasuk lengkap, sungguh sangat disesalkan kalau Apple sampai melewatkan fitur iChat juga.

Tanpa fitur pengenalan tulisan tangan
Dengan keyboard virtual yang cukup soft memang sudah cukup, namun dengan fitur pengenalan tulisan tangan tentunya dapat memaksimalkan layar di iPad

Tanpa dukungan HDMI

Tanpa disadari perangkat canggih seperti iPad menyimpan momen-momen yang ingin ditonton secara bersama. Tanpa port HDMI tentunya membuat iPad tidak bisa terhubung dengan televisi.

3 perubahan komunikasi yang terjadi setelah munculnya Ipad

iPad memiliki sifat keterinteraksian, karena alat ini tidak hanya dilengkapi dengan fasilitas wifi yang memungkinkan kita untuk berinteraksi dengan kerabat, bahkan yang jauh sekalipun.

iPad pun memiliki sifat ashynchronous karena proses komunikasi data yang tidak terikat dengan waktu tetap, proses transformasi data kecepatannya cukup relatif dan tidak tetap.

iPad memiliki sifat Demassified, ditandai dengan semakin aktifnya konsumen atau user. semua orang bebas menggunakan iPad sesuai dengan kebutuhan mereka. apalagi, gadget-gadget baru pun semakin mudah digunakan.




oleh : Happy Adisti

9 komentar:

  1. ukurannya teh pas ga sih?? apa ga kekecilan??

    BalasHapus
  2. aga gede sih nda..
    tapi bagus kok utk yg mobilitasnya tinggi..

    BalasHapus
  3. kayanya lebih simple tuh. tapi kayanya si susah buat dipegangnya. ga kaya laptop biasa. bisa duduk. klo ipad cuma bisa tiduran aja yah? aga susah atuh ngetiknya. hehehe

    BalasHapus
  4. tapi kan lbh efisien, bisa dibawa kemana mana. memang agak besar, tapi nggak sebesar netbook atau laptop.

    BalasHapus
  5. apple selalu ngasih inovasi yang keren untuk teknologi zaman sekarang.

    kepengen punya satu deh jadinya.hehehehehe

    BalasHapus
  6. memang benar. apple selalu punya inovasi baru. sampai-sampai banyak yang mau bikin replika barang-barang apple.

    BalasHapus
  7. apple memang selalu jadi yang terdepan kalau urusan teknologi

    BalasHapus
  8. buat om steve jobs : Stay Hungry, Stay Foolish. perbaiki tuh ipad-nya, masih banyak kekurangan disana sini klo emang salah satu tujuannya untuk e-reader. klo saya sih mending beli macbook sekalian. hehehe..

    BalasHapus
  9. makanya sekarang banyak yg ngebanding-bandingin ipad sama netbook. karena menurut kami, ipad lbh cocok itu anak muda yg senang multimedia..

    BalasHapus