Dreams are renewable. No matter what our age or condition, there are still untapped possibilities within us and new beauty waiting to be born.

-Dale Turner-

Sabtu, 17 April 2010

WEBCAM PROYEKTOR 3D

CHATTING adalah suatu feature dalam Internet untuk berkomunikasi sesama pemakai Internet yang sedang online (yang sedang sama-sama menggunakan Internet). Komunikasi bisa berupa teks (text chat) atau suara (voice chat). Anda mengirim pesan dengan teks atau suara kepada orang lain yang sedang online, kemudian orang yang dituju membalas pesan Anda dengan teks atau suara, demikian seterusnya…

Chatting sudah menjadi suatu hal yang biasa bagi remaja perkotaan di dunia . sekarang menelpon sudah tidal menjadi bsatu hal yang lumrah lagi. Para keluarga yang ditinggalkan oleh tenaga kerja Indonesia tidak perlu lagi menelpon mahal-mahal ke luar negeri. Dengan teknologi internet dan chat room seperi Aim, Skype, Yahoo messenger dan lain-lain harga terjangkau temu kangen pun terjadi.

Di tambah dengan webcam yang membuat chatting menjadi video chatting yang membuat wajah si pacar yang nan jauh disana dan dapat mengidentifikasi apabila ia berbohong, kalo ditelepon masih memungkinkan ia untuk berbohong. Chatting pun berkembang dengan adanya webcam.

Webcam (singkatan dari web camera) adalah sebutan bagi kamera real-time (bermakna keadaan pada saat ini juga) yang gambarnya bisa diakses atau dilihat melalui World Wide Web, program instant messaging, atau aplikasi video call. Istilah webcam merujuk pada teknologi secara umumnya, sehingga kata web terkadang diganti dengan kata lain yang mendeskripsikan pemandangan yang ditampilkan di kamera, misalnya StreetCam yang memperlihatkan pemandangan jalan. Ada juga Metrocam yang memperlihatkan pemandangan panorama kota dan pedesaan, TraffiCam yang digunakan untuk memonitor keadaan jalan raya, cuaca dengan Weather Cam, bahkan keadaan gunung berapi dengan VolcanoCam. Webcam atau web camera adalah sebuah kamera video digital kecil yang dihubungkan ke komputer melalui (biasanya) port USB ataupun port COM.

Jenis sensor yang digunakan untuk webcam juga menentukan kualitas gambar yang akan ditampilkan. Untuk saat ini, kita mengenal dua jenis tipe sensor digital, yaitu CMOS (Complimentary Metal-Oxide Semiconductor) dan CCD (Charge-Coupled Device).
Kedua sensor ini berfungsi sama yaitu mengubah cahaya menjadi elektron. Untuk mengetahui cara sensor bekerja kita harus mengetahui prinsip kerja sel surya. Anggap saja sensor yang digunakan di kamera digital seperti memiliki ribuan bahkan jutaan sel surya yang kecil dalam bentuk matrik dua dimensi. Masing-masing sell akan mentransform cahaya dari sebagian kecil gambar yang ditangkap menjadi elektron. Kedua sensor tersebut melakukan pekerjaan tersebut dengan berbagai macam teknologi yang ada.


Webcam


Chatting juga berkembang menjadi 3D Chatting yang memungkinkan seseorang untuk memiliki avatar yang mempersentasikan diri mereka. Grafis 3D komputer (berbeda dengan 2D grafis komputer ) adalah grafis yang menggunakan tiga dimensi representasi data geometrik yang disimpan dalam komputer untuk tujuan melakukan perhitungan dan gambar render 2D. Bila anda pernah main the sims, membuat kota sendiri dengan anda mengkontrol hidup seorang atau kota, nah dengan chatting ini anda dimungkinkan mempunyai avatar dan bergaul dengan orang lain yang sama-sama memiliki avatar tersebut di chat room. Avatar ini bisa pergi ke mall dengan teman atau pergi ke bar dengan teman yang bukan komputer yaitu avatar lain yang mempersentasikan orang lain.Salah satu ruang chat itu adalah IMVU.

What is IMVU?
IMVU is a social network and 3D virtual world where millions of people meet, chat and have fun in animated 3D scenes. You can shop and dress up your avatar with your own personalized look, design and decorate your own 3D space, and connect with new people from around the world.


Fitur Chatting IMVU



Chatting dengan berkendara mobil di IMVU

Video chatting sudah. Videocall di telepon seluler sudah. 3D World avatar sudah. Apalagi?

Bagaimana bila chatting dengan kemampuan 3D yang memungkinkan kita menyentuh lawan bicara kita melalui jaringan internet? Banyak film-film yang sudah menggunakan hal tersebut. Sebuah proyektor yang berfungsi untuk memproyeksi representasi manusia .



Proyektor yang memproyeksi manusia di Star trek


3D proyektor
Proyeksi ortografi atau 3D PROYEKTOR adalah seperangkat kecil mengubah sering digunakan untuk menunjukkan profil, detail atau pengukuran yang tepat dari objek tiga dimensi. Nama-nama umum untuk proyeksi ortografi termasuk rencana, penampang, bird's-mata, dan elevasi.


WEBCAM PROYEKTOR 3D

Webcam ini membutuhkan teknologi yang sama dengan webcam pada umumnya. Bila pada webcam konvesional komputer, usb port untuk menancapkan webcam, jaringan internet untuk mengaktifkan kegunaan alat komunikasi ini. Pada webcam ini terdapat kegunaan memproyeksi manusia atau mahluk yang bergerak secara untuh kepada lawan bicara.
Proyeksi akan berbentuk 3 dimensi dengan kedetailan yang tajam setajam penangkapan pencitraan di mata manusia. Teknologi ini memungkinkan manusia berada di tempat yang sama dengan lawan bicaranya di ruang chat. Setiap gestural tubuh manusia akan terekam dan terproyeksi oleh webcam ini. Saat manusia itu berbicara maka ruang chat dan webcam akan menerima dan mengirimnya ke lawan bicara atau lawan chat.
Webcam proyektor ini juga bisa mengkodekan penginderaan. Jadi bila anda menyentuh lawan bicara anda merasakan sensasi yang sama ketika anda menyentuh kulit manusia secara langsung. Jadi representasi anda pada saat anda tidak ada di ruang rapat bisa dilakukan. Karena webcam proyektor 3D ini memudahkan komunikasi jarak jauh dengan tidak melupakan aspek komunikasi interpersonal.

Kekurangan
- Membuat menjadi beraktifitas
- Membuang energi

Kelebihan
- Jarak jauh bukan masalah, ruang dan waktu
- Komunikasi interpersonal yang baru



Sumber:
http://micopardosi.tripod.com/chatting.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Webcam

5 komentar:

  1. kalo yg pacaran jarak jauh, bisa ngerasa deket terus doongg... hehe

    BalasHapus
  2. iyaa, bisa ngerasa deket terus. apalagi udah canggih gini.

    BalasHapus
  3. WEBCAM PROYEKTOR 3D kayaknya gak cuman seru buat chating doang, tapi bisa juga jadi media baru buat iklan tuh. kan seru klo visual iklannya jadi 3D.

    BalasHapus
  4. iya bener.. iklannya jd lebih "nyata"

    BalasHapus
  5. Ini siapa yang nulis ya. kok ngga ada namanya?

    BalasHapus