Dreams are renewable. No matter what our age or condition, there are still untapped possibilities within us and new beauty waiting to be born.

-Dale Turner-

Minggu, 06 Juni 2010

FOURSQUARE -Jejaring Sosial Dengan Panduan Lokasi-











Selain jejaring sosial yang sudah ada saat ini, seperti Facebook, Twitter. Ada yang baru nih, yaitu Foursquare . Foursquare ini semacam aplikasi telepon selular yang baru di dunia yang membantu penggunanya untuk menemukan sebuah cara baru dalam melakukan eksplorasi di sebuah kota. Foursquare juga membantu penggunanya untuk bertemu dengan teman-teman dalam dunia maya.



Foursquare merupakan sebuah situs web jejaring sosial yang berdasar kepada lokasi dari si pengguna, software dari telepon selular, dan juga merupakan sebuah permainan. Pengguna dari situs web ini bisa memberitahukan lokasi terbarunya atau yang disebut check-in melalui pengiriman SMS. Dalam melakukan check- in lokasi, pengguna akan mendapatkan sejumlah poin . Ketika pengguna melakukan check- in yang menurut situs ini menarik, maka pengguna akan mendapatkan sebuah badge .


Keunikan dari aplikasi ini adalah dia menggunakan sistem GPS yang mendetect posisi kita dan juga melalui cell BTS HP yang kita gunakan. Di setiap lokasi yang kita add pun terdapat peta nya.

Kelemahan dari aplikasi ini memang pada penentuan lokasinya dimana Google Maps yang digunakan sampai saat ini untuk beberapa daerah di Indonesia masih tergolong tidak tepat.

Foursquare bekerja sama dengan Facebook dan juga Twitter, jadi jika pengguna check-in maka akan otomatis terdapat pada account Facebook dan Twitter. Enaknya lagi nih foursquare sudah bisa digunakan pada Iphone, Android , Blackberry, Palm Pre dan telepon selular lain yang menawarkan aplikasi mobile web. Ada juga foursquare mobile bagi yang mobil sekarang juga sudah add-on firefox-nya jadi lebih mudah memainkannya. Melakukan check-in di dalam foursquare adalah ketika pengguna memberitahu foursquare dimanakah dia berada .



Check-in tersebut bisa dilakukan dimana saja, di universitas, di museum, di restoran, dan lain-lain. Pengguna foursquare juga dapat check-in lokasi terbaru mereka sekaligus juga memberikan komentar tentang lokasi tersebut.Foursquare juga sama seperti media jejaring social lainnya yaitu bisa add friends juga.

Aplikasi ini juga bisa melakukan update status dengan istilah SHOUT ( tweet kalau di TWITTER dan comment kalau di Facebook). SHOUT ini bisa dikoneksikan / di link kan ke account facebook dan twitter kita. Jadi pada saat bersamaan kita CHECK-IN sekaligus SHOUT juga bisa muncul di Facebook dan twitter kita.

Sumber: wikipedia.org




5 komentar:

  1. waw keren. boleh dicoba nih. tapi sayang saya ngga punya smartphone.hahahha

    BalasHapus
  2. my life my story : ga cman smartphone aja kq yang bisa.. yang bukan smartphone jg bisa :)

    BalasHapus
  3. Deny : iya ,, sistemnya make gps :)

    BalasHapus
  4. Ayo main foursquare! *padahal gue juga belum punya haha

    BalasHapus