Dreams are renewable. No matter what our age or condition, there are still untapped possibilities within us and new beauty waiting to be born.

-Dale Turner-

Minggu, 06 Juni 2010

Ternyata Bersepeda Itu Penting!!

KOMUNITAS PEKERJA SEPEDA yang lebih dikenal sebagai Bike To Work Community yang diawali dari sekelompok penggemar kegiatan sepeda gunung yang mempunyai semangat, harapan, dan gagasan akan terwujudnya udara yang bersih diperkotaan. Seiring dengan berjalannya waktu, peminat alternatif alat transportasi semakin berkembang. Bike To Work Community ini juga yang kemudian menggagas kampanye untuk menggunakan sepeda ke tempat kerja.
Di Kota Bandung, komunitas yang menginspirasi para pekerja bersepeda ke kantor adalah Bike to Work (B2W) Bandung. Komunitas ini sudah lama dikenal di Jakarta, tapi di Bandung resmi terbentuk pada 5 September 2007 lalu. Anggota Komunitas B2W kini jumlahnya mencapai ratusan orang. Biasanya setiap Jumat sore berkumpul Di Taman Cikapayang Dago. Para anggota B2W hampir setiap hari bersepeda ke kantor, dan alasan yang paling mendasar adalah kesadaran akan kesehatan.



Kegiatan B2W yang lain masih banyak. Yang rutin adalah berkumpul tiap hari Jumat sore di Taman Cikapayang Dago, juga kampanye untuk memasyarakatkan B2W seperti dengan membagi-bagikan flyer. Selain itu juga B2W sering diundang dalam acara-acara yang bertema lingkungan (biasanya kerjasama dengan Greeners) serta wawancara di radio swasta. Saat ini sudah ratusan orang yang bergabung secara resmi di B2W Bandung. Namun, karena B2W adalah sebuah komunitas, bukan organisasi eksklusif, keanggotaannya cair dan terbuka bagi siapa saja. Para penjual tahu yang bersepeda pun jika ingin bergabung akan diterima dengan tangan terbuka.

Bagi orang di kota besar, mungkin tidak kesulitan menyebut apa problem utama kota masa kini adalah kemacetan! Saking terbiasanya, stagnasi arus lalu lintas sudah bukan hal luar biasa. Udara tidak sehat berkat polusi pun, sepertinya, tidak lagi menakutkan. Malah yang ada, jumlah kendaraan bermotor terus meningkat.

Dewi Gilang Kurnia (36) salah satu anggota Bike To Work (B2W) Chapter Bandung ini merupakan satu dari anggota B2W yang menggunakan sepeda ke tempat kerjanya. Ia pertama kali tahu tentang Bike To Work ini awalnya dari Website Bike To Work Jakarta , lalu ia mulai bergabung dengan Komunitas BIKE To Work ini pada tahun 2008. Ia tertarik bergabung dengan komunitas ini karena ia bersepeda untuk menunjang aktifitas sehari-hari.



Dengan Bike To Work ia hanya road bike saja, alias hanya keliling-keliling jalan raya bandung saja. Pendapat ia tentang lingkungan dan Bike To Work yaitu Bandung sekarang sudah beubah hawa dan keadaannya, udara sudak tidak sejuk lagi, kemcetan dimana-mana apalagi di akhir pekan. Sudah saatnya bila ingin hidup di lingkungan yang udaranya bersih, minimal mengurangi kandungan polutan di udara dan juga mengurangi kemacetan mengkin sudah saatnya mengganti moda transportasi dengan sepeda. Selain kendaraan yang ramah lingkungan ternyata sepeda itu juga akan lebih membuat badan sehat jauh dari penyakit. Bike To Work salah satu komunitas yang mempunyai visi dan misi mensepedakan kota Bandung.
Bike To Work dari kalangan pekerja profesional timbul dengan kesadaran. Mereka cukup berpendidikan, dan sebagian besar memiliki kendaraan lain, seperti motor bahkan mobil. Alasan mereka bersepeda ke kantor biasanya karena sudah muak dengan kemacetan atau polusi, meskipun ada juga yang ingin sekedar untuk menjaga kebugaran. Komunitas Bike To Work Indonesia (B2W) terlahir bukan sekadar ajang kumpul-kumpul pehobi bersepeda, tetapi justru berangkat dari rasa keprihatinan terhadap polusi udara, pemanasan global, kemacetan di Jakarta dan kenaikan harga BBM.


b2w-indonesia.or.id


oleh: R.R SISKA A.K

9 komentar:

  1. salut deh buat yang udah mau ikut dalam gerakan bike to work. jadi mengurangi pengaruh global warming. semoga makin banyak anggotanya yaa. jadi ngga ada lagi yg namanya polusi dkk.hahahha

    BalasHapus
  2. Numpang tanya nih.
    Kalau Polygon seri B2W itu ada setelah atau sebelum komunitas ini ada?
    Iseng pengen tahu.

    BalasHapus
  3. sayangnya masih banyak orang yang enggan buat bersepeda ke t4 kerja
    alesannya gara2 takut cape

    ~_~

    BalasHapus
  4. Radit saya:
    bersepeda itu baik buat kesehatan..
    bisa hemat uang bensin looo....

    BalasHapus
  5. mari kita budayakan bersepeda !!! :)

    BalasHapus
  6. sepeda emang sehat tapi kayanya buat nempuh jarak jauh dan lagi terburu - buru kayanya bukan solusi yang tepat hehehehe maklum saya lebih seneng yang praktis2 aja :D

    BalasHapus
  7. belajar dari kesadaran diri sendiri, manfaat akan terasa untuk orng bnyk dan jangka panjang, kalo bkn dari diri qt sendiri kpn akan memulai? :D slm GO Green

    BalasHapus
  8. Bersepeda bisa bikin tdr nyenyak mlm harinya

    BalasHapus
  9. Semoga semakin banyak orang menjadi tertarik untuk Bersepeda ke tempat Kerja......

    BalasHapus